Jumat, 24 Oktober 2014

MAKALAH FILSAFAT " JHON DEWEY "

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
seorang filsuf dari Amerika Serikat, yang termasuk Mazhab Pragmatisme. Selain sebagai filsuf, Dewey juga dikenal sebagai kritikus sosial dan pemikir dalam bidang pendidikan.[1] Dewey dilahirkan di Burlington pada tahun 1859. Setelah menyelesaikan studinya di Baltimore, ia menjadi guru besar dalam bidang filsafat dan kemudian dalam bidang pendidikan pada beberapa universitas. Sepanjang kariernya Dewey menghasilkan 40 buku dan lebih dari 700-an artikel. Dewey meninggal dunia pada tahun 1952.
Menurut Dewey, tugas filsafat adalah memberikan pengarahan bagi perbuatan nyata dalam kehidupan. Oleh karena itu, filsafat tidak boleh tenggelam dalam pemikiran-pemikiran metafisik belaka. Filsafat harus berpijak pada pengalaman, dan menyelidiki serta mengolah pengalaman tersebut secara kritis. Dengan demikian, filsafat dapat menyusun suatu sistem nilai atau norma. Dewey juga dianggap oleh aliran fungsionalisme sebagai seorang pemikir bergaya praktis dan pragmatis, sehingga, di dalam ilmu pendidikan ia menganjurkan teori dan metode learning by doing. 
Di dalam bidang pendidikan, ia menganjurkan teori dan metode learning by doing (belajar sambil melakukan). Dalam teori dan metodenya ini, ia berpendapat bahwa untuk mempelajari sesuatu, tidak perlu orang terlalu banyak mempelajari itu. Dalam melakukan apa yang hendak dipelajari itu, dengan sendirinya ia akan menguasai gerakan-gerakan atau perbuatan-perbuatan yang tepat, sehingga ia bisa menguasai hal yang dipelajari itu dengan sempurna.  Ia mengambil contoh tentang seorang yang akan belajar berenang. Menurutnya, seorang itu tidak perlu diajari macam-macam teori tetapi cukup ia langsung disuruh masuk kolam renang dan mulai berenang, dengan cepat seorang itu akan menguasai kemampuan berenang.






BAB II
PEMBAHASAN

A.     Sejarah Hidup
Ia dilahirkan di Burlington Amerika, pada tanggal 20 Oktober tahun 1859 M, dan meninggal 1 Juni 1952 M di New York.[2] Sesudah mendapat diploma ujian kandidat, ia dua tahun menjadi guru (1879). Tiga tahun kemudian ia menjadi mahasiswa lagi dan mendapat gelar doctor dalam filsafat (1884). Ia diangkat menjadi dosen lalu asisten professor dan kemudian professor di Michingan. Sebagai professor dalam filsafat di Chicago, ia memimpin juga  dibidang Pedagogik dan mendirikan suatu sekolah percobaan untuk menguji dan mempraktekkan teorinya. Sepuluh tahun ia bekerja keras pada universitas dan mengumpulkan serta mendidik orang-orang yang akan meneruskan cita-citanya. Pada tahun 1904 sampai 1931 ia bekerja pada Universitas Columbia di New York, usianya yang ke-93 ia meninggal dunia pada tahun 1952.[3]
Dalam buku dikarang Sudarsono yang berjudul ilmu filsafat menyebutkan bahwa:

John Dewey dilahirkan di Burlington pada tahun 1895,Setelah menyelesaikan studinya di Baltimore,ia menjadi guru besar dibidang filsafat dan juga dibidang pendidikan pada Universitas Chicago ( 1895-1904 ) dan akhirnya di universitas Colombia (1904-1921).[4]

Perbedaan pendapat dengan pemerintah pada akhirnya menyebabkan pengunduran dirinya dari Universitas, dan tidak lama kemudian ia pindah dekat Pantai Timur. Pada tahun 1899, Dewey terpilih sebagai presiden dari American Psychological Association . Dari 1904 hingga pensiun pada tahun 1930 dia profesor filsafat di kedua Columbia University dan Columbia University Teachers College.[5] Pada tahun 1905 ia menjadi presiden dari Asosiasi American Philosophical . Dia adalah anggota lama dari Federasi Amerika Guru.
Seiring dengan sejarawan Charles A. Beard, ekonom Thorstein Veblen dan James Harvey Robinson, Dewey adalah salah satu pendiri dari The New School . Tulisan Dewey paling signifikan adalah “Konsep Arc Reflex di Psikologi” (1896), sebuah kritik terhadap konsep psikologis standar dan dasar dari semua pekerjaan lebih lanjut nya; Demokrasi dan Pendidikan (1916), karya terkenal tentang pendidikan progresif; Alam dan Manusia Perilaku (1922), studi tentang fungsi dari kebiasaan dalam perilaku manusia; Publik dan Masalah-nya (1927), pertahanan demokrasi ditulis dalam menanggapi Walter Lippmann‘s The Phantom Public (1925); Pengalaman dan Alam (1925), Dewey paling “metafisik” pernyataan; Seni sebagai Pengalaman (1934), pekerjaan utama Dewey pada estetika; A Iman Umum (1934), sebuah studi humanistik agama awalnya disampaikan sebagai Dwight H. Terry Lektor di Yale; Logika: Teori Kirim (1938), sebuah pernyataan dari konsepsi yang tidak biasa Dewey logika; Kebebasan dan Budaya (1939), sebuah karya politik memeriksa akar fasisme, dan Mengetahui dan Dikenal (1949).

B.      Pokok-pokok Pemikiran
Segala ide dari dewey tidak terlepas dari unsur pendidikan hal ini terlihat dari beberapa pemikiranya sebgai berikut :

Fsikologi Fungtional
Komitmen awal Dewey untuk Inggris neo-Hegelianisme. Dalam Psikologi,  melakukan sintesis antara idealisme dan ilmu pengetahuan eksperimental.[6]  1894, Dewey telah bergabung Tufts, empat orang membentuk dasar dari apa yang disebut “Chicago kelompok” psikologi, gaya baru mereka psikologi, kemudian dijuluki psikologi fungsional , memiliki penekanan pada tindakan praktis dan aplikasi.
Dalam Dewey artikel “Konsep Arc Reflex di Psikologi” yang muncul dalam Psychological Review pada tahun 1896, ia alasan melawan tradisional stimulus-respon pemahaman tentang busur refleks demi sebuah akun “melingkar” di mana apa yang berfungsi sebagai “stimulus” dan apa sebagai “tanggapan” tergantung pada bagaimana seseorang mempertimbangkan situasi, dan membela sifat Kesatuan sirkuit motor sensorik. Sementara ia tidak menyangkal adanya rangsangan, sensasi, dan respon, dia setuju bahwa mereka terpisah, peristiwa disandingkan terjadi seperti mata rantai dalam untaian. Dia mengembangkan gagasan bahwa ada koordinasi dengan mana rangsangan diperkaya oleh hasil pengalaman sebelumnya. Tanggapan dimodulasi oleh pengalaman sensorik.
Dewey juga menyatakan minatnya untuk bekerja di psikologi persepsi visualdilakukan oleh Dartmouth penelitian profesor Adelbert Ames, Jr Dia memiliki masalah besar dengan mendengarkan, namun, karena diketahui Dewey tidak bisa membedakan lapangan musik-dengan kata lain adalah nada tuli.[7]

Pemikiran Pragmatisme
Sebagai pengikut filsafat aliran pragmatisme, John dewey menyatakan bahwa tugas filsafat adalah memberikan pengarahan bagi perbuatan nyata.[8] [20] Filsafat tidak boleh larut dalam pemikiranpemikiran metafisis yang kurang praktis,tidak ada faedahnya.olehkarena itu filsafat harus berpijak pada pengalaman dan mengolahnya secara kritis.
Menurutnya tak ada sesuatu yang tetap,manusai senantiasa bergeraka danberubah. Jika mengalami kesulitan, segera berpikir untuk mengatasi kesulitan itu. Maka berpikir tidak lain  dari pada alat (instrument) untuk berrtindak. Kebenaran dari pengertian dapat ditinjau berhasil atau tidaknya mempengaruhi kenyataan. Satu-satunya cara yang dapat dipercaya untuk mengatur pengalaman dan untuk mengetahui artinya yang sebenarnya adalah metode induktif. Metoda ini tidak hanya berlaku bagi ilmu pengetahuan Fisika, melainkan juga bagi persoalan-persoalan social dan moral.

Pemikiran Epistimologi, Logika
Masalah terminologi dalam bidang epistemologi dan logika ini sebagian karena, menurut Dewey dan Bentley,[9]  untuk penggunaan yang tidak efisien dan tidak tepat kata-kata dan konsep yang mencerminkan tiga tingkat bersejarah organisasi dan presentasi.[10] Serangkaian penokohan Transaksi menunjukkan berbagai pertimbangan yang terlibat.[11] Dalam urutan kronologis penampilan, yaitu:
§  Self-Aksi: konsep pra-ilmiah dianggap manusia, hewan, dan hal-hal sebagai memiliki kekuasaan sendiri yang dimulai atau disebabkan tindakan mereka.
§  Interaksi: seperti yang dijelaskan oleh Newton, dimana hal, hidup dan anorganik, yang seimbang terhadap sesuatu dalam suatu sistem interaksi, misalnya, hukum ketiga menyatakan bahwa gerakan untuk setiap tindakan ada reaksi sama dan berlawanan.
§  Transaksi: di mana sistem modern deskripsi dan penamaan yang digunakan untuk menangani berbagai aspek dan tahap tindakan tanpa atribusi kepada badan akhir, akhir, atau independen, esens, atau realitas.

Pemikiran Estetika
Seni sebagai Pengalaman (1934) adalah tulisan utama Dewey pada estetika. Hal ini, menurut tempatnya dalam tradisi pragmatis yang menekankan komunitas, sebuah studi dari objek seni individu sebagai tertanam dalam (dan tak terpisahkan dari) pengalaman budaya lokal. Dewey mencoba untuk membenarkan koleksi istimewa seni modern yang dirancang oleh orang kaya C.Albert Barnes di Barnes Foundation.
Lihatnya Pengalaman dan Alam untuk diskusi diperpanjang ‘Pengalaman’ dalam filsafat Dewey,Sementara dalam demokrasi,Tema utama dari karya Dewey adalah keyakinan yang mendalam dalam demokrasi, baik dalam politik, pendidikan atau komunikasi dan jurnalisme. Seperti Dewey sendiri menyatakan pada tahun 1888, sementara masih di University of Michigan, “adalah Demokrasi dan satu, utama, yang ideal etika kemanusiaan dalam benak saya sinonim.”[12] 
Sehubungan dengan perkembangan teknologi dalam demokrasi:
“Orang tidak menjadi masyarakat dengan hidup dalam kedekatan fisik lebih daripada seorang pria berhenti secara sosial dipengaruhi dengan menjadi kaki begitu banyak atau mil dihapus dari orang lain” -John Dewey dari “Masyarakat di Era Digital” Andrew Feenberg yang Karyanya pada demokrasi dipengaruhi salah seorang siswa, Dr. Ambedkar , yang kemudian kemudian menjadi salah satu bapak pendiri India merdeka.[13]

Pemikiran Pendidikan
John Dewey memandang pendidikan sebagai suatu proses pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, baik menyangkut tentang piker (intelektual) maupun daya perasaan  (emosional), menuju kearah tabiat manusia dan manusia biasa,dari itu maka filsafat pendidikan dapat juga diartikan sebagai teori umum pendidikan.[14]
John Dewey menyatakan pendidikan sebagai penataan ulang atau rekonstruksi aneka pengalaman dan peristiwa yang dialami dalam kehidupan individu sehingga segala sesuatu yang baru menjadi lebuh terarah dan bermakna,defenisi ini berarti bahwa seorang berpikir tentang pengalaman-pengalaman yang dilaluinya.Lebih jauh terkandung arti bahwa pendidikan seseorang terdidiri dari  segala sesuatu yang ia lakukan,dari mulai lahir sampai mati, kata kucinya adalah seseorang berbuat atau mengerjakan sesuatu. Seseorang belajar dengan cara melakukan sehingga pendidikan dapat terjadi diperpustakaan, kelas, tempat bermain, gymnasium perjalanan, ataupun dirumah.[15]
Secara umum, pragmatism berarti hanya idea yang dapat dipraktikkan yang benar dan berguna. Idea-idea yang hanya ada dalam idea juga kebimbangan terhadap realitas objek indra, semua itu nonsense bagi pragmatism. Yang ada ialah apa yang real ada. demikian menurut james tatkala ia membantah zeno yang mengaburkan arti gerak.[16]

Pemikiran Studi Filsafat Pendidikan
John Dewey, pemikiranya adalah tentang berpikir Reflektif, yaitu suatu cara berpikir  yang dimulai dari adanya  problem-problem yang dihadapkan padanya untuk dipecahkam.[17] Kenyataan merupakan suatu problem, oleh paara ahli  dipandang sebagai problem yang besar, adapun pemecahanya oleh john dewey adalah sebagai berikut:
1.      Menganalisis situasi secara hati-hati dan mengumpulkan semua fakta yang diperoleh. Adil dan tidak memihak  serta tampa prejudice (prasangka) dalam mengobserfasi fakta-fakta.
2.      Pemecahan apa yang diusulkan dan ditetapkan.
Menurut John Dewey, Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia.[18]

Pemikiran Tentang Jurnalisme
    Sejak pertengahan 1980-an, ide Deweyan telah mengalami kebangkitan sebagai sumber utama inspirasi bagi gerakan jurnalisme publik. Definisi Dewey tentang “masyarakat,” seperti yang dijelaskan dalam Publik dan Masalah-nya , memiliki implikasi besar bagi pentingnya jurnalisme dalam masyarakat. Seperti yang disarankan oleh judul buku, perhatiannya adalah hubungan transaksional antara publik dan masalah. Juga tersirat dalam namanya, jurnalisme publik berusaha untuk mengarahkan komunikasi dari elit, hegemoni korporasi menuju ruang publik sipil. “The ‘publik’ jurnalis publik adalah publik Dewey.”
Memberikan definisi konkret untuk pembentukan publik. Publik adalah kelompok spontan dari warga yang memiliki efek tidak langsung dari sebuah tindakan tertentu. Siapapun yang terkena konsekuensi tidak langsung dari tindakan tertentu secara otomatis akan berbagi kepentingan bersama dalam mengendalikan mereka konsekuensi, yaitu pemecahan masalah yang umum.[19] Karena setiap tindakan menghasilkan konsekuensi yang tidak diinginkan, publik terus muncul, tumpang tindih, dan hancur. Dalam Negeri dan Masalah nya, Dewey menyajikan sanggahan untuk Walter Lippmann risalah itu tentang peran jurnalisme dalam demokrasi.

C.     Karya Jhon Dewey 
Sudah sedikit disinggung di atas bahwa karya Dewey banyak mempengaruhi corak berpikir Amerika. Pengaruh ini juga banyak berasal dari buku-buku atau karya-karya yang dihasilkannya.[20] Bukunya yang pertama yakni Psychology yang diterbitkan tahun 1891. Dalam tahun 1891 bukunya Outlines of a Critica Theory of Etics diterbitkan. Tiga tahun kemudian 1894 terbit lagi The Study Of Etics: A Syllabus. Ketika ia berkarya di Universitas Chicago, berturut-turut ia menerbitkan :
My Pedagogic Creed (1897), The School and Society (1903)
Logical Conditions of a Scientific Treatment of Morality (1903).
Ia juga banyak menghasilkan buku ketika berada di Universitas Colombia seperti: Ethics (1908), How We Think (1910), The Influence of Darwin and Other Essays in Contemporary Thought (1910), School of Tomorrow (1915), Democraty and Education (1916), Essays in Experimental Logic (1916), Recunstruction in Philosophy (1920), Human Nature and Conduct (1922), Experience and Nature (1925), The Quest for Certainty (1929), Art as Experience (1934), A Common Faith (1934), Experience and Education (1938), Logic: The Theory of Inquiry (1938), Theory of Valuation (1939), Education Today (1940), Problem of Men (1946), Knowing and The Known (1949).

D.     Konsekuensi Jhon Dewey 
Filsafat haruslah dipandang sebagai suatu pengungkapan mengenai perjuangan manusia secara terus-menerus dalam upaya melakukan penyesuaian berbagai tradisi  yang membentuk budi manusia terhadap kecendrungan-kecendrungan ilmiah dan cita-cita politik  yang baru dan tidak sejalan dengan wewenang yang diakui. Tegasnya filsafat sebagai suatu alat untuk membuat penyesuaian-penyesuaian diantara yang lama dan yang barudalam suatu kebudayaan.[21]
Dan dalam proses pendidikanlah peserta didik dibina untuk meningkatkan keduanya.Menurut progresivisme, proses pendidikan mempunyai dua segi, yaitu psikologis dan sosiologis.
Dari segi sosiologis, pendidik harus dapat mengetahui tenaga-tenaga atau daya-daya yang ada pada anak didik yang akan dikembangkan. Psikologinya seperti yang berpengaruh di Amerika, yaitu pikologi dari aliran behaviorisme dan pragmatism.[22]
Dari segi sosiologis, pendidik harus mengetahui ke mana tenaga-tenaga itu harus dibimbing.John Dewey mengatakan bahwa tenaga-tenaga pendidikan itu harus diabdikan pada kehidupan sosial; jadi mempunyai tujuan sosial. Maka pendidikan adalah proses sosial dan sekolah adalah suatu lembaga social.[23]








BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
John Dewey dilahirkan di Burlington pada tahun 1895, Setelah menyelesaikan studinya di Baltimore, ia menjadi guru besar dibidang filsafat dan juga dibidang pendidikan pada Universitas Chicago (1895-1904) dan akhirnya di universitas Colombia (1904-1921).[24]           
Setelah dua tahun sebagai guru sekolah menengah di Oil City, Pennsylvania dan satu sekolah pengajaran dasar di kota kecil Vermont Charlotte, Dewey memutuskan bahwa ia tidak cocok untuk bekerja di pendidikan dasar atau menengah. Setelah mempelajari dengan George Sylvester Morris, Charles Sanders Peirce, Herbert Baxter Adams, dan G. Stanley Hall, Dewey menerima gelar Ph.D. dari School of Arts & Sciences di Universitas Johns Hopkins. Pada tahun 1884, ia menerima posisi fakultas di Universitas Michigan (1884-1888 dan 1889-1894) dengan bantuan George Sylvester Morris. Disertasi yang tidak diterbitkan dan sekarang hilang berjudul “The Psychology of Kant .






DAFTAR PUSTAKA

John Dewey, Perihal Kemerdekaan dan Kebudayaan, alih bahasa E.M. Aritonang, Jakarta: Saksana, 1955
Ag. Soejono, Aliran Baru dalam Pendidikan, Bandung : CV. Ilmu, 1980

Sudarsono, Ilmu Filsafat, Rineka Cipta, 2008

Louis Menand p Klub Metafisika.

Thinker 2 (Juni 1930): 9-12, sebagai bagian dari seri. Dewey: Halaman lw.5.266 [The Dikumpulkan Pekerjaan John Dewey,, 1882-1953 Edisi Elektronik]

William R. Caspary, Dewey tentang Demokrasi. 2000

Zamahsary Dhofir, Kamus Filsafat, Bandung : Rosda Karya, 1990

Benjamin, “Mengapa tidak bisa Psikologi dapatkan Stamp itu?” Jurnal Terapan Studi Psikoanalitik, LT: 2003.
Brucato, G. & Hogan, JD “Psikolog pada perangko” Para Psikolog Umum: Spring, 1999.

Baik (2006) Sebuah Pencarian untuk Bhinneka Tunggal Ika:.. The “Tetap Hegelian Deposit” dalam Filsafat John Dewey Lexington Books.

Pekerjaan Awal, 1:128 (Southern Illinois University Press) op dikutip di Douglas R. Anderson, AAR, The Journal of American Academy of Religion, Vol. 61, No 2 (1993), hal. 383

John Dewey, democracy and Education, p.383, edisi Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, 2003. Bandung; Pustaka Setia, hal.3

Atang Suherman, Menuju perkembangan menyeluruh, 2001, Direktoriat Jendral Olah Raga, Jakarta, hal.1
Atang Abdul Hakim, Beni Ahmad Saebeni, Filsafat Umum, Bandung, Pustaka Setia, 2008.

John Dewey, An Introduction of Reflektif Thinking, by cilombia, University A Sicciety dalam edisi Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, 2003. Bandung; Pustaka Setia.

Ahmadi Abu, DKK, Ilmu pendidikan, 2001. Jakarta: Rineka Cipta.

John Dewey, Democracy and Education,p.383, edisi Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, 2003. Bandung; Pustaka Setia.

Syadali Ahmad, Filsafat Umum, 1997, Bandung, Pustaka Setia.

Y. B. Suparlan, Aliran-Aliran Baru Dalam Pendidikan, 1984,Yogyakarta: Andi Offset

I. Djumhur dan H. Danasuparta, Sejarah Prndidikan, Bandung: CV. Ilmu

Baik Sebuah Pencarian untuk Bhinneka Tunggal Ika. The “Tetap Hegelian Deposit” dalam Filsafat John Dewey, Lexington Books : 2006


i
 
 



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR......................................................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................................................... ii
BAB I .. PENDAHULUAN
Latar Belakang...................................................................................................... 1

BAB II.. PEMBAHASAN....................................................................................................
A.     Sejarah Hidup................................................................................................ 2
B.     Pokok-Pokok Pemikiran............................................................................... 3
Fsikologi Fungsional.................................................................................... 3
Pemikiran Pragmatisme.............................................................................. 4
Pemikiran Epistimologi, Logika.................................................................. 4
Pemikiran Estetika........................................................................................ 5
Pemikiran Studi Filsafat Pendidikan......................................................... 6
Pemikiran Tentang Jurnalisme.................................................................. 7
C.    Karya Jhon Dewey........................................................................................ 7
D.    Konsekuesi Jhon Dewey............................................................................. 8

BAB III. PENUTUP
Kesimpulan........................................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................... 10








ii
 
 





[1]     http://id.wikipedia.org/wiki/ John_Dewey
[2]    John Dewey, Perihal Kemerdekaan dan Kebudayaan, alih bahasa E.M. Aritonang, (Jakarta: Saksana, 1955), hlm. 5
[3]    Ag. Soejono, Aliran Baru dalam Pendidikan, (Bandung : CV. Ilmu, 1980), hal. 126
[4]     Sudarsono,ilmu filsafat,Rineka cipta,2008,hal.79
[5]    Louis Menand p Klub Metafisika.. 313
[6]    Miring dalam bahasa aslinya. “Apa Humanisme Berarti kepada-Ku,” pertama kali diterbitkan pada Thinker 2 (Juni 1930): 9-12, sebagai bagian dari seri. Dewey: Halaman lw.5.266 [The Dikumpulkan Pekerjaan John Dewey,, 1882-1953 Edisi Elektronik]
[7]    William R. Caspary, Dewey tentang Demokrasi. (2000)
[8]    Zamahsary Dhofir,Kamus Filsafat, (Bandung : Rosda Karya, 1990), hal. 261
[9]     Benjamin, LT (2003). “Mengapa tidak bisa Psikologi Dapatkan Stamp itu?” Jurnal terapan studi psikoanalitik 5 (4):. 443-454.
[10]          Brucato, G. & Hogan, JD (1999, Spring). “Psikolog pada perangko” Para Psikolog Umum, 34 (1): 65
[11]  Baik (2006) Sebuah Pencarian untuk Bhinneka Tunggal Ika:.. The “Tetap Hegelian Deposit” dalam Filsafat John Dewey Lexington Books.
[12]            Brucato, G. & Hogan, JD (1999, Spring). “Psikolog pada perangko” Para Psikolog Umum, 34 (1): 65.
[13]            Pekerjaan Awal, 1:128 (Southern Illinois University Press) op dikutip di Douglas R. Anderson, AAR, The Journal of American Academy of Religion, Vol. 61, No 2 (1993), hal. 383
[14]    John Dewey, democracy and Education, p.383, edisi Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, 2003. Bandung; Pustaka Setia, hal.3
[15]   Atang Suherman,Menuju perkembangan menyeluruh,2001,Direktoriat Jendral Olah Raga,Jakarta,hal 1
[16]  Atang abdul hakim,beni ahmad saebeni,filsafat umum,bandung,pustaka setia,2008.h;320
[17]  John Dewey,an Introduction of reflektif thinking,by cilombia,University A Sicciety dalam edisi Muzayyin Arifin,filsafat pendidikan islam,2003.Bandung;Pustaka Setia,halaman.3
[18]   Ahmadi Abu, DKK, Ilmu pendidikan, 2001. Jakarta, Rineka Cipta, hal.69
[19]   John Dewey,democracy and Education,p.383,edisi Muzayyin Arifin,filsafat pendidikan islam,2003.Bandung;Pustaka Setia,halaman.3
[20]  http://kumpulantokohdunia.wordpress.com/tag/tokoh-dunia/
[21]   Syadali ahmad,filsafat umum,1997,Bandung,pustaka setia.16
[22]  Y. B. Suparlan, Aliran-aliran Baru Dalam Pendidikan, (Yogyakarta: Andi Offset, 1984), hlm. 82-84
[23]  I. Djumhur dan H. Danasuparta, Sejarah Prndidikan, (Bandung: CV. Ilmu, 0974), 88-90.
[24]   Baik (2006) Sebuah Pencarian untuk Bhinneka Tunggal Ika:.. The “Tetap Hegelian Deposit” dalam Filsafat John Dewey Lexington Books.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar